Mengulik Manfaat Buah Delima untuk Kulit Sehat & Bersinar, Rahasia Cantik dari Zaman Kuno

- Rabu, 7 Juni 2023 | 10:15 WIB
Buah delima untuk kesehatan kulit (Z Creator/Alan Munandar)
Buah delima untuk kesehatan kulit (Z Creator/Alan Munandar)

Buah delima telah dikenal selama ribuan tahun karena manfaat yang luar biasa bagi kesehatan. Selain memberikan rasa segar dan manis, buah delima juga kaya nutrisi, termasuk vitamin C, vitamin K, serat, dan antioksidan. 

Manfaat Buah Delima

Salah satu manfaat yang paling menonjol dari buah delima adalah untuk menjaga kesehatan kulit, membuat sehat dan berkilau. Berikut beberapa manfaat delima untuk kulit yang telah Z Creator rangkum.

Baca juga: Manfaat Buah Delima untuk Kesehatan dan Kecantikan

-
Buah delima untuk kesehatan kulit (Z Creator/Alan Munandar)

Tinggi Antioksidan

Buah delima kaya akan antioksidan seperti punicalagin dan ellagic acid. Ini membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas yang menyebabkan penuaan dini, keriput, dan kulit kusam. 

Selain itu, antioksidan juga membantu mengurangi peradangan pada kulit dan mempercepat penyembuhan luka.

Mencegah Penuaan Dini

Kandungan antioksidan yang tinggi dalam buah delima membantu mengurangi kerusakan akibat paparan sinar matahari dan polusi lingkungan. Ini membantu menjaga kelembaban kulit, mengurangi garis halus dan kerutan, serta membuat kulit terlihat lebih muda dan segar.

Meningkatkan Produksi Kolagen

Buah delima tinggi vitamin C yang  penting untuk produksi kolagen. Dengan meningkatkan produksi kolagen, buah delima membantu menjaga kulit tetap kencang, kenyal, dan bebas kerutan.

-
Buah delima untuk kesehatan kulit (Z Creator/Alan Munandar)

Memperbaiki Penampilan Kulit Kusam

Buah ini juga membantu memperbaiki kulit kusam. Kandungan antioksidan dan vitamin C membantu menghilangkan noda dan bintik-bintik hitam pada kulit

Tak hanya itu, buah delima juga membantu meningkatkan aliran darah ke kulit, memberikan nutrisi yang cukup dan membuat kulit terlihat lebih cerah dan bercahaya.

Menjaga Hidrasi Kulit

Memiliki kandungan air yang tinggi, menjadikan buah delima bermanfaat untuk menjaga kelembaban kulit. Hal ini tentunya mencegah kulit menjadi kering, pecah-pecah, dan teriritasi. 

Mengonsumsi buah delima secara teratur atau menggunakan produk perawatan kulit yang mengandung ekstrak buah delima dapat membantu menjaga kulit tetap lembab dan sehat.

Mencegah Jerawat

Sifat antiinflamasi dan antimikroba dalam buah delima membantu mengurangi peradangan pada kulit dan melawan bakteri penyebab jerawat. Buah delima juga membantu mengurangi produksi minyak berlebih pada kulit yang dapat membantu mencegah munculnya jerawat baru. 

-
Buah delima untuk kesehatan kulit (Z Creator/Alan Munandar)

Baca juga: Tak Hanya Baik untuk Kesehatan, Ini Manfaat Buah Delima untuk Kecantikan

Cara Mengkonsumsi Buah Delima

Nah, untuk menjaga kesehatan kulit, sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi buah delima ya. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengkonsumsi buah delima, berikut penjelasannya.

Halaman:

Editor: Z Creators

Tags

Terkini

X